9 Tips Menyimpan Sayuran Dengan Benar

Post by resep kue dan masakan | January 13, 2015 | Tips | 818 Views |

n

Anda pasti sering membeli sayuran bukan, namun tidak semua sayuran yang Anda beli semua terpakai atau masih tersisa, sehingga Anda perlu untuk menyimpannya untuk dimasak esok hari. Namun kadang keesokan harinya Anda juga tidak bisa mengolahnya dan ketika mengolahnya sayuran sudah layu dan tidak segar.

n

Sayuran adalah tumbuhan dimana memiliki rentan waktu untuk kesegarannya karena itulah Anda disarankan untuk melakukan penyimpanan di dalam kulkas tapi tidak semua sayuran cocok disimpan di kulkas ada beberapa sayuran yang tidak harus Anda simpan di kulkas, salah satunya adalah tomat.

nsayuran hijaun

sayuran hijau | photo credit: Mobentec via cc

n

Normalnya sayuran akan segar selama 3-7 hari tergantung sayur apa yang disimpan. Tapi semakin lama sayuran disimpan akan semakin layu dan mengurangi kandungan yang ada di dalamnya. Tahukah Anda ternyata tidak hanya diletakan di kulkas saja untuk menyimpan sayuran dengan baik. Ada beberapa cara agar sayuran tetap segar ketika disimpan?

n

Untuk sayuran hijau dan sayuran lain yang berwarna caranya agak sedikit berbeda. Untuk itu berikut adalah 5 tips menyimpan sayuran hijau dengan benar, tips ini dilansir dari livingwell.co.id.

n

5. Pisahkan setiap sayuran dengan makanan. Pastikan Anda memisahkan sayuran dengan bahan makanan lain, apalagi makanan tersebut menimbulkan bau tidak sedap, pewarna, berair dan lain sebagainya. Dengan memisahkannya hal ini akan mengurangi resiko sayuran terkontaminasi bahan lainnya.

n

4. Cuci terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Anda harus mencuci terlebih dahulu sayuran agar batang dan daun sayuran tetap segar. Anda bisa mencuci dengan air dingin untuk mendapatkan kesegarannya.

n

3. Pergunakan wadah pelastik dan kedap udara. Agar sayuran tetap segar. Anda dapat menggunakan wadah yang kedap udara. Karena selain menjaga kesegarannya, ini juga dapat mencegah kontaminasi sayuran dengan bahan lainnya di dalam kulkas.

n

2. Pilihlah sayuran yang segar. Pastikan kesegarannya ketika membeli sayuran, jangan salah memilih jika sayuran berwarna hijau pastikan tidak ada yang sudah layu ketika Anda membelinya. Teliti sebelum membelinya ya.

n

1. Cara Membawa sayur sehabis membeli juga harus diperhatikan. Untuk membawanya sebaiknya Anda menggunakan pelastik transparan, kemudian ikat pelastik tersebut sehingga membentuk udara di dalamnya, hal ini agar mencegah sayuran tidak berkeringat. Dan jangan meletakannya langsung terpapar sinar matahari, dan juga jangan terlalu lama di dalam kantung belanja.

nsayuran-segar1n

Sayuran Segar | photo credit: marcusfrieze via cc

n

Untuk beberapa sayuran berwarna tidak sama seperti sayuran hijau. Berikut adalah beberapa sayuraan  dan cara penyimpanannya yang dilansir dari royco.co.id.

n

    n

  1. Sayuran Tomat : Untuk menyimpannya hindari penyimpanan di dalam lemari es karena akan membuatnya menjadi layu dan tidak renyah. Jadi lebih baik menyimpannya di dalam suhu ruangan.
  2. n

  3. Wortel : Untuk menyimpan sayur ini Anda bisa menyimpannya di lemari es, Anda dapat menggunakan pelastik berlubang untuk ventilasi udaranya
  4. n

  5. Bawang: Untuk bawang Anda dapat menyimpannya di tempat terbuka, Dengan cara menggantungnya.
  6. n

  7. Untuk Kentang sama seperti tomat, hindari penyimpanan kentang di dalam lemari es. Lebih baik simpan di tempat yang sejuk.
  8. n

n

Bagaimana? Jangan sampai salah menyimpan sayuran lagi ya. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

n

Berikan Komentarnya

n

comments

n

    n

  • adonan kue kering w900 h600
  • n

  • menyimpan daging ayam
  • n

  • daging beku1
  • n

  • saus tomat penyimpanan
  • n

You May Also Like

tempat penyimpanan saus tomat

Cara Menyimpan Saus, Kecap Dan Selai Dengan Benar

resep-klapertart-e1400317159729-2

Resep Klapertart Kukus Enak

cheese-stick-dengan-roti-tawar

Resep Cheese Stick Dengan Roti Tawar

bola-bolasayur-150x150-1

Resep Bola bola Sayur Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.