Resep Kue Serabi Enak Tetapi Mudah Dibuat

serabi-150x150-1

Resep Kue Serabi Enak dan Mudah dibuat – Kue yang satu ini berasal dari daerah Bandung, hmmm bener gak ya dari Bandung?

soalnya di sana banyak yang menjajahkan dan terkenal lagi, maaf ya kalo salah. hehe.

kue ini ada 1 varian lho ada yang manis menggunakan kinca dan serabi asin dengan oncom. Sudah pernahkan?

serabi-150x150-1

Biasanya sih masak kue serabi menggunakan tungku dan inilah rahasia rasa yang enak, kalo dimasak di tungku citarasanya beda sama yang dimasak biasa.

Setuju gak? hehe..  Kue ini gak hanya bisa ditemukan di Bandung saja, sekarang sudah kalian bisa temukan di kota-kota besar di Indonesia, di Jakarta aja sudah banyak banget.

Cuma yang saya belum liat jualnya online. hehe..

Nah untuk kamu yang mau membuatnya, silahkan persiapkan bahan dan perlengkapan membuatnya ya.

Seperti tepung terigu, garam, baking powder, telur, santan, 1 butir kelapa, air dan suji-pandan.

bahannya termasuk gampang di dapatkan lho ada lagi bahan untuk sausnya seperti gula merah, gula pasir, santan, kayu manis, cengkih dan daun pandan.

untuk lebih detailnya kamu bisa lihat bahannya dibawah ini:

Bahan Kue Serabi Enak

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 3 butir telur, kocok sebentar
  • 1250 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 50 ml air daun suji-pandan

Saus Kue Serabi:

  • 200 gram gula merah, sisir
  • 1 sdm gula pasir
  • 750 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 6 cm kayu manis
  • 2 butir cengkih
  • 4 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat Kue Serabi Enak:

Pertama Campur tepung, garam dan baking powder dalam wadah, aduk rata. Tambahkan telur kocok dan 400 ml santan ke dalamnya, aduk rata.

Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 20 menit hingga adonan licin dan terasa ringan.

Lalu masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Masukkan air daun suji-pandan ke dalam adonan, aduk rata.

Aduk dengan sendok kayu, agar udara bisa masuk ke dalam adonan. Diamkan adonan kurang lebih 2 jam.

Lalu siapkan wajan kecil berdasar tebal atau wajan tanah liat, panaskan di atas api sedang, olesi dengan minyak goreng.

Tuang 1 sendok sayur (kurang lebih 75 ml) adonan putih ke dalam wajan. 

Masak hingga adonan berlubang-lubang mulai dari bagian pinggirnya, tunggu hingga lubang cukup banyak, tutup wajan, masak hingga serabi matang.

Congkel dan keluarkan serabi dari wajan. Lakukan hingga semua adonan habis.

Untuk membuat sausnya: Taruh semua bahan saus di dalam panci, masak diatas api sedang.

Timba-timba santan hingga mendidih agar santan tidak pecah.

Masak terus hingga gula larut dan bau harumnya keluar, angkat. Sajikan sebagai pelengkap serabi.

Nah itu tadi adalah cara membuat kue serabi, bagaimana mudahkan?

Kue ini banyak peminatnya lho, apalagi jika kamu bisa mengkreasikan rasanya, karena sekarang sudah banyak kue serabi yang banyak rasa, seperti serabi rasa durian dan rasa buah-buahan lainnya.

Banyak rasa pastinya akan banyak peminatnya.

Bisa buat usaha juga lho, tapi yang jelas jika mengalami kegagalan jangan menyerah ya 😀 karena semua itu butuh proses, masak juga ada prosesnya kan? setuju? baca lagi resep kue lainnya ya.

Selamat mencoba 🙂

You May Also Like

tempat penyimpanan saus tomat

Cara Menyimpan Saus, Kecap Dan Selai Dengan Benar

resep-klapertart-e1400317159729-2

Resep Klapertart Kukus Enak

cheese-stick-dengan-roti-tawar

Resep Cheese Stick Dengan Roti Tawar

bola-bolasayur-150x150-1

Resep Bola bola Sayur Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.